Tempat Beli Rendang di Padang yang Enak

Beli Rendang di Padang – Sebagai kota yang memiliki berbagai macam kuliner yang lezat dan khas menjadikan Kota Padang dikenal masyarakat secara luas bahkan hingga ke luar negeri. Salah satu kuliner khas Kota Padang yang terkenal dengan rasanya yang lezat dan pedas adalah rendang. Karena begitu populernya rendang di kalangan masyarakat menjadikan tempat beli rendang di Padang yang enak dan murah banyak dicari.

beli rendang di Padang

Tempat Beli Rendang di Padang yang Enak

Rendang Hati dan Paru Sapi

Jenis rendang pertama yang sering dijual di warung makan atau restoran adalah rendang hati dan paru sapi. Rendang hati dan paru sapi hampir sama dengan jenis rendang daging sapi. Perbedaannya terdapat pada bahan utama yang digunakan untuk membuat rendang, yakni hati dan paru sapi yang dipotong-potong.

 

 

Kemudian campuran hati dan paru sapi tersebut dimasukkan ke dalam bumbu rendang. Namun, pada saat menyantap rendang paru dan hati sapi sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, karena bisa saja tertukar dengan potongan lengkuas atau jahe yang warnanya juga menghitam.

Rendang Telur

Ternyata selain rendang hati dan paru sapi ada juga rendang telur yang memiliki rasa tidak kalah lezat dari jenis rendang lainnya. Rendang yang dibuat dengan bahan dasar telur ini terbagi menjadi dua macam, yakni rendang telur pipih dan rendang telur khas suliki. Rendang telur pipih mirip dengan kerupuk, sedangkan rendang telur khas suliki hampir mirip dengan rendang paru dan hati sapi.

Pada saat Anda beli rendang di Padang, khususnya Kota Payakumbuh jenis rendang telur paling banyak dijumpai dan merupakan oleh-oleh wajib bagi para wisatawan. Walaupun sama-sama rendang telur, kedua jenis rendang ini memiliki perbedaan dalam cara mengolahnya. Untuk rendang telur khas Kota Payakumbuh menggunakan telur yang diiris tipis seperti dendeng yang dimasak hingga kering.

Ada dua cara dalam memasak rendang telur, yakni dengan cara merebusnya dan mencampur telur yang sudah diiris tipis-tipis ke dalam bumbu rendang. Sedangkan cara kedua dengan cara merebus telur bersama dengan bumbu rendang, kemudian memisahkannya saat telur tersebut matang, namun bumbu rendang dimasak hingga kering. Setelah kering telur tadi dicampurkan kembali ke dalam bumbu rendang yang sudah kering.

Kalio (Rendang Basah)

Di beberapa kota-kota besar seperti Jakarta dan sebagainya beberapa rumah makan tidak menyediakan rendang kering yang memiliki warna hitam pekat. Alasannya adalah memakan waktu yang lama dalam pembuatannya, sehingga biaya produksi lebih banyak. Hal inilah yang menjadikan rendang setengah matang menjadi pilihannya.

Dengan tersedianya rendang basah atau kalio menjadikan pelanggan menyangka bahwa ini adalah rendang, namun masih setengah jadi. Dikatakan sebagai rendang setengah jadi karena santan, bumbu, dan rempah-rempah belum meresap ke dalam bahan rendang dengan sempurna.

Pada saat hendak beli rendang di Padang, khususnya di Kabupaten Agam, Kabupaten Solok, Kota Padang Panjang, serta Kabupaten Tanah Datar Anda akan menemukan rendang yang dimasak terlebih dahulu menjadi kalio.

Kalio Jengkol

Selain berbahan dasar daging dan telur ternyata rendang juga bisa dibuat dengan bahan dasar jengkol. Namun, rendang jengkol tidak dimasak kering seperti rendang lainnya, sehingga disebut dengan kalio jengkol. Untuk wilayah Sumatera Barat, kalio jengkol lebih dikenal dengan nama jariang dan sangat diminati oleh masyarakat. Pada saat beli rendang di Padang dengan jenis kalio jengkol Anda akan menikmati rendang yang memiliki bumbu rempah terasa, pedas, serta sedikit gurih.

Leave a Reply