Jual Rendang Padang Kering

Jual Rendang Padang Kering – Nyaris semua kalangan yang tinggal di Indonesia pasti tahu apa itu rendang. Hal ini tentunya disebabkan oleh banyak yang jual rendang pandang kering yang menjamur di seluk beluk dan setiap sudut kota di Indonesia. Ya, rendang memang masakan khas daerah Padang atau Sumatera Barat. Untuk menelusuri lebih jauh mengenai asal-usul rendang, mari kita berkunjung sejenak ke daerah Minangkabau di Sumatera Barat. Bagi masyarakat Minang, rendang menjadi salah satu bagian dari kehidupan kuliner mereka sejak zaman nenek moyang mereka.

jual rendang pandang kering

Awal mula sejarah masakan jual rendang pandang kering ini sudah terdengar dimana-mana, mungkin terjadi karena seni memasak ini terus berkembang dari daerah Mandailing, Riau, Jambi, bahkan hingga ke Negeri Sembilan yang merupakan negara bagian federasi Malaysia karena perantau Minang yang tinggal di sana. Rendang sendiri berasal dari kata merandang, yaitu untuk memasak santan hingga kering secara perlahan. Hal ini cocok dengan rendang yang memang membutuhkan waktu lama untuk dimasak hingga kuahnya menjadi kering.

Sebagai sebuah makanan, rendang mempunyai posisi tersendiri yang terpandang dalam kehidupan masyarakat di Minangkabau. Hal ini dikarenakan bahan-bahan jual rendang pandang kering dipercaya mempunyai makna tersendiri. Daging sapi atau dagiang merupakan lambang niniak mamak dan bundo kanduang, yakni kemakmuran. Kelapa atau karambia adalah perlambangan cadiak pandai, yakni kaum intelektual yang merekatkan kebersamaan suatu kelompok. Sambal atau lado menjadi lambang alim ulama yang tegas dan pedas dalam mengajarkan agama. Bumbu-bumbu lainnya adalah perlambangan tiap individu yang mempunyai peran masing-masing untuk memajukan kepentingan bersama.

Cara Membuat Bumbu Rendang Khas Minang

Resep bumbu yang jual rendang pandang kering ini merupakan resep yang paling banyak dicari. Di bawah ini akan akan dijelaskan secara lengkap dari bahan-bahan yang dibutuhkan, cara memasak, hingga tips-tips yang pasti akan berguna untuk anda dalam membuat bumbu masak rendang.

Rendang Jariang

Rendang jariang adalah sebutan lain untuk rendang jengkol. Jenis rendang satu ini banyak disukai karena memiliki rasa manis. Jengkol yang sudah tua dipilih untuk dibuat rendang karena lebih empuk dan lebih mudah diolah.

Rendang Kerang

Kerang yang biasa digunakan dalam rendang adalah pensi dan lokan. Saat dikunyah, rendang lokan akan terasa seperti udang. Pensi pun sama saja, hanya dalam ukuran yang lebih kecil. Rendang dari kerang ini rata-rata dimasak hingga kering. Jadi bumbu sangat meresap dalam daging kerang. Pada rendang pensi, ditambahkan juga daun pakis sebagai salah satu pelengkap.

Rendang Telur

Jika membayangkan rendang telur, sebagian dari Anda mungkin akan terpikirkan telur rebus yang diberi bumbu rendang bukan?. Padahal, yang dimaksud dengan rendang telur ini yaitu campuran dari telur, tepung tapioka, dan berbagai bumbu yang akan dioleh menjadi keripik.

Rendang Daun Kayu

Rendang ini mempunyai bahan utama daun dari pohon surian. Bisa juga ditambah dengan dedaunan lain seperti daun jirak, daun mali-mali, daun rambai, dan daun arbai. Dedaunan tersebut dimasak dalam kuah santan. Diberikan juga ikan haruan untuk menambah rasa manis, dan parutan kelapa agar bumbu menjadi lebih kering dan dedaunan jadi renyah seperti keripik.

Rendang Cubadak

Jika makan dirumah makan Padang, sayur nangka biasanya ditemukan menggunakan bersama bumbu gulai. Ternyata, nangka juga bisa dibuat rendang. Rendang cubadak namanya. Rendang ini bisa dibuat saat beberapa kalangan tak mampu membeli daging. Jika sudah matang, teksturnya pun memang mirip seperti daging.

Rendang Ketan Hitam

Rendang yang satu ini ternyata mempunyai bahan dasar kerang hitam. Sangat unik, bukan? Ketan yang digunakan bukan yang masih utuh, namun sudah ditumbuk jadi halus, tepung ketan hitam. Ketan hitam dimasak dalam kuah rendang yang sudah mengental, lalu diberi beberapa tambahan irisan kelapa. Anda dapat menemukan jual rendang pandang kering diberbagai media sosial terpercaya.

Leave a Reply