Jual Rendang Jengkol

Jual Rendang Jengkol – Setiap pencita kuliner pasti sudah mengenal dengan masakan khas Minang Sumatera Barat yakni rendang. Rendang merupakan salah satu jenis lauk spesial yang sangat digemari oleh pecinta kuliner, baik itu masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Rendang memang dikenal sebagai masakan yang bercita rasa pedas yang umumnya menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan juga rempah-rempah pilihan. Untuk proses memasak rendang biasanya harus dipanaskan secara berulang-ulang dengan menggunakan santan. Oleh sebab itu, tak heran jika  proses memasak rendang ini memakan waktu hingga berjam-jam. Selain itu, rendang ini juga masih bisa Anda konsumsi meskipun sudah berminggu-minggu disimpan di dalam suhu ruangan.

Jual Rendang Jengkol

Perlu Anda ketahui, rendang juga pernah dinobatkan sebagai hidangan paling lezat pada tahun 2011 yang menduduki peringkat pertama dalam daftar 50 hidangan terlezat dunia. Sehingga tak heran, jika masakan rendang ini tidak hanya populer di tanah air saja, melainkan hingga mancanegara. Nah, tahukah Anda, apa saja jenis bahan masakan yang dapat diolah menjadi rendang? Sebenarnya bahan-bahan masakan yang dapat diolah menjadi rendang cukuplah banyak seperti daging ayam, belut, daun pakis, daging sapi serta jengkol. Jika dilihat dari beberapa jenis bahan masakan yang dapat diolah menjadi rendang, tentu saja yang paling beda dan spesial ialah rendang jengkol.

Pada dasarnya rendang jengkol tidak jauh berbeda dengan rendang pada umumnya seperti rendang daging sapi maupun ayam. Hanya saja yang membedakan antara rendang jengkol dengan rendang lainnya terletak pada proses merebus jengkolnya saja. Jika menggunakan ayam ataupun daging sapi maka Anda bisa langsung mencumpurkannya dengan bumbu rendang. Akan tetapi jika Anda menggunakan bahan masakan jengkol maka Anda harus melakukan proses perebusan terlebih dahulu. Hal ini berguna agar lebih empuk dan kenyal serta dapat menyamarkan ataupun menghilangkan aroma dan bau khas dari jengkol tersebut.

Jenis-Jenis Rendang Jengkol

Rendang jengkol biasanya juga bisa disajikan bersamaan dengan telur dadar, kuah gulai serta daun singkong dengan sajian nasi remas ala Padang. Dalam memasak jengkol berbumbu di dalam kuah santan memang dilihat dari kandungan cairan santannya. Pada dasarnya ada tiga tingkat dalam proses memasak rendang jengkol yakni mulai dari yang basah, berkuah hingga menjadi kering. Meskipun begitu jika dilihat secara umumnya rendang terbagi menjadi dua jenis yakni rendang basah dan rendang kering.

Perbedaan Rendang Jengkol Basah Dan Rendang Jengkol Kering

  • Rendang basah

Rendang jengkol basah atau disebut dengan kalio merupakan jenis rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan rendang kering. Proses memasak rendang basah ini tidak perlu memakan waktu yang lama dikarenakan kuah santannya tidak perlu mengering secara sempurna. Rendang jengkol basah biasanya mempunyai kuah yang kental dan kari yang berwarna kecoklatan dan juga terdapat minyak yang kemerah-merahan ataupun kecoklatan. Jika rendang jengkol basah ini disimpan di dalam suhu ruangan seperti kulkas hanya bisa bertahan kurang lebih seminggu. Pada dasarnya rendang jengkol basah memiliki warna coklat terang keemasan dan juga terlihat lebih pucat. Rendang jengkol basah sangat nikmat disantap bersama dengan nasi hangat dan juga kerupuk.

  • Rendang kering

Rendang jengkol kering merupakan rendang sejati dalam tradisi masakan khas Minang Sumatera Barat. Rendang jengkol kering biasanya dimasak dalam waktu berjam-jam hingga kuah santannya menjadi mengering dan bumbu masakannya menjadi terserap secara sempurna. Rendang jengkol kering lebih sering dihidangkan pada acara adat seperti kenduri ataupun acara kehormatan lainnya. Rendang jengkol kering lebih identik dengan warnanya yang lebih gelap dan agak coklat yang kehitaman. Jika dalam proses memasak rendang jengkol kering menggunakan metode yang benar dan tepat maka dapat membuat rendang ini dapat bertahan hingga berminggu-minggu dan bahkan hingga berbulan-bulan jika di simpan dalam suhu ruangan seperti dalam kulkas serta dapat bertahan selama enam bulan jika dibekukan. Rendang jengkol kering ini jauh lebih enak dibandingkan dengan rendang daging sapi. Hal ini dikarenakan rendang jengkol kering memiliki rasa yang lebih nikmat karena daging jengkolnya sangat kenyal dan empuk.

Meskipun begitu, rendang jengkol basah dan kering juga tetap menjadi masakan olahan yang sangat istimewa karena menawarkan rasa yang sangat lezat dan aroma yang kuat. Nah, tahukah Anda, jika rendang yang banyak ditemukan di luar negeri ialah rendang yang mirip seperti kalio karena mempunyai warna yang lebih pucat dan juga berkuah ataupun basah dengan aroma yang tidak terlalu kuat. Sementara rendang kering sangat jarang ditemukan karena untuk proses pembuatannya memakan waktu yang sangat lama. Maka dari itu, jangan heran jika Anda melihat warga asing tetap berburu rendang di tanah air (Indonesia) dibandingkan harus membeli negaranya tersebut.

Tempat Menjual Rendang Jengkol

Tahukah Anda tempat jual rendang jengkol yang sudah cukup populer di Indonesia dan bahkan hingga keluar negeri. Jika Anda belum mengetahuinya, maka Anda patut mencari tahu informasinya. Nah, untuk sekedar informasi saja, satu-satunya tempat yang jual rendang jengkol di Indonesia yang sudah cukup terkenal ialah rendangdenlapeh.id. Tempat menjual rendang jengkol yang satu ini sudah menjangkau kawasan Aceh hingga Papua dan juga Jepang, Belanda, Australia, Perancis, Amerika Serikat, Spanjol serta ke puncak gunung tertingi dunia yakni Mount Everest.

Rendang jengkol yang dijual di sini memiliki cita rasa yang sangat khas karena selalu menjaga keaslian rendangnya dengan menggunakan resep rahasia dari tiga generasi. Selain itu, rendang jengkol yang dijual di Rendang Den Lapeh ini juga sudah mempunyai sertifikat resmi dari LPPOM Halal MUI. Oleh sebab itu, tak heran jika rendang jengkol ini tidak mempunyai kandungan pengawetnya. Untuk proses pengemasannya Anda juga tidak perlu khawatir karena pihak Rendang Den Lapeh ini mengemas produknya dengan Double Packaging sehingga sangat aman untuk diantar ke berbagai wilayah di Indonesia dan bahkan ke luar negeri. Rendang Jengkol yang di produksi oleh Rendang Den Lapeh ini selalu di buat ataupun produksi setiap hari, sehingga akan selalu tersedia kapan pun Anda pesan. Maka dari itu, tunggu apalagi segera rasakan nikmatnya masakan rendang jengkol khas Rendang Den Lapeh yang tiada duanya.

Leave a Reply