Jual Rendang Di Bogor Dalam Berbagai Pilihan Olahan

Jual Rendang Di Bogor– Apa yang lebih nikmat selain menikmati sepiring nasi hangat dengan rendang pedas yang menggoda selera saat hari hujan? Mencari tempat jual rendang di Bogor tampaknya adalah solusi cerdas bagi Anda yang tidak sempat memasak namun menginginkan masakan khas Nusantara ini ada di meja makan Anda. Bogor yang senantiasa hujan memang akan selalu memicu siapapun untuk terus merasa lapar.

 jual rendang di bogor

Kalaupun hari tidak sedang hujan, Bogor selalu mampu membuat dunia kuliner bergeliat karena hawanya yang sejuk. Maka dari itu banyak penikmat kuliner yang berasal dari kota ini, termasuk penikmat masakan rendang. Walaupun rendang adalah masakan khas Minang, namun sudah sangat populer di seantero tanah air dan bahkan dunia.

Sebenarnya rendang bukanlah semata nama masakan, namun rendang lebih mengarah kepada proses memasak. Oleh karena itulah setiap daerah di Minang memiliki kekhasan bahan rendang mereka sendiri. Setiap tempat jual rendang di Bogor pasti juga memiliki kelebihan yang berbeda dengan tempat menjual rendang lainnya.

Tidak ada proses yang bisa dikatakan salah maupun benar. Semua rendang adalah benar bagi mereka yang ada di tiap daerahnya. Untuk itulah ada rendang yang memakai bahan daging dan ada yang sayuran, atau bahkan bahan laut seperti kerang dan udang. Semua tergantung dari bahan yang banyak ditemui di tiap daerah di Sumatera Barat tersebut yang kemudian diadaptasi secara nasional.

Jenis-Jenis Olahan Rendang

Rendang Basah

Saat memasak rendang, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Tiap tahapannya menghasilkan rendang dengan citarasa yang berbeda. Saat rendang masih dalam keadaan sangat basah karena santannya belum sempat mengering, orang sudah dapat menggunakannya sebagai lauk, namun namanya bukan rendang melainkan gulai.

Tahap selanjutnya dari proses pemasakan rendang akan menghasilkan rendang yang dinamakan rendang basah. Rendang yang lebih terkenal dengan nama kalio ini adalah jenis rendang yang masih berwarna coklat keemasan karena perpaduan antara minyak dari santan, kaldu dan juga warna dari lado atau cabe.

Proses pemasakan rendang basah relatif lebih singkat, oleh karena itulah santan di dalamnya belum sempat mengering seluruhnya. Tempat jual rendang di Bogor yang menyediakan masakan siap santap di tempat bisanya juga menyediakan jenis rendang ini. Namun rendang basah kurang cocok jika dijadikan sebagai bekal untuk perjalanan yang jauh sebab keawetannya hanya mencapai satu minggu saja.

Bahan untuk membuat rendang basah juga bermacam-macam, tergantung selera. Hampir semua bahan bisa dijadikan rendang. Daun singkong dan jengkol adalah varian rendang yang juga banyak diminati selain varian rendang dengan bahan daging dan jerohan.

Rendang Kering

Bagi mereka yang ingin membawa rendang sebagai bekal perjalanan ataupun untuk dijadikan oleh-oleh dan harus melalui masa transportasi yang panjang, maka rendang kering adalah solusi yang lebih tepat yang bisa didapatkan diĀ  tempat jual rendang di Bogor.

Rendang kering adalah rendang basah yang melalui proses pemasakan jauh lebih lama. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk bisa membuat rendang kering dengan sempurna adalah kurang lebih delapan jam. Selama proses pemasakan tersebut, rendang harus terus diaduk agar tidak gosong.

Rendang ini memiliki warna yang lebih gelap dan rasa yang lebih gurih. Selain itu, rendang kering juga memiliki masa tahan lama yang lebih panjang. Jika dimasukkan ke dalam kemasan kedap udara, rendang kering bisa bertahan hingga satu tahun.

Jadi bagi Anda yang membutuhkan stok lauk maupun akan dijadikan oleh-oleh, rendang kering dalam kemasan adalah pilihan terbaik yang ditawarkan tempat jual rendang di Bogor.

Leave a Reply