Jual Rendang Daging Sapi

Jual Rendang Daging  – Rendang daging sapi dan ayam kini banyak diminati oleh para pembeli, terlebih mereka yang ingin merasakan rendang selain daging sapi yaitu rendang daging ayam. Rendang adalah makanan khas Sumatera Barat, lebih tepatnya adalah Minangkabau. Menurut beberapa sumber, rendang pertama kali disajikan untuk acara adat pada abad ke-16. Kebanyakan rendang terbuat dari daing sapi yang diolah dengan berbagai macam rempah dan kuah santan.

Jual Rendang Daging

Bumbu pembuatan rendang terbuat dari bahan yang mengandung antiseptik yang akan berguna sebagai pengawet alami rendang. Bumbu yang lainnya juga diketahui mempunyai aktivitas antimikroba yang kuat, sehingga rendang yang dibuat dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Untuk proses memasaknya memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu kurang lebih 8 jam hingga benar-benar kuah santan mengering.

 

 

Filosofi Rendang Menurut PenJual Rendang Daging Sapi dan Ayam

Makanan khas Padang ini merupakan masakan tradisional telah memiliki posisi yang terhormat di dalam kehidupan masyarakat di Minangkabau, Sumatera Barat. Hal tersebut dikarenakan adanya arti-arti tersendiri dari bumbu-bumbu yang digunakan dalam pembuatan rendang.

Bahan yang utama adalah dagiang atau daging sapi yang melambangkan bahan utama atau yang melambangkan naniak mamak dan bundo kanduang, yang mana mereka memberikan kemakmuran pada anak pisang dan anak kemenakan. Bahan kedua ada karambia atau kelapa parut yang disangrai, di sini melambangkan kaum intelektual atau yang dalam bahasa Minang disebut Cadiak Pandai, Di mana mereka merekatkan kebersamaan kelompok maupun individu.

Menurut tempat jual rendang daging sapi dan ayam menyebutkan jika untuk bahan ketiga ada Lado atau sambal sebagai lambang alim ulama yang tegas dan pedas dalam mengajarkan agama. Adapun bahan yang terakhir adalah pemasak atau bumbu yang melambangkan setiap individu di mana masing-masing individu memiliki peran sendiri dalam memajukan hidup berkelompok dan merupakan unsur terpenting dalam hidup bermasyarakat di Minang.

Cara Memasak Rendang Daging Sapi dan Daging Ayam

Rendang Daging Sapi

Siapkan daging sapi lulur 500 gram, potong melebar, daun kunyit 2 lembar, daun jeruk 2 lembar, 2 batang serai yang dimemarkan, pekak 1 buah, kelapa parut sangrai 2 sendok makan, santan 1000 – 15000 ml dari 2 butir kelapa, dan kemudian minyak goreng 2 sendok makan.

Untuk resep bumbu halusnya menurut tempat jual rendang daing sapi dan ayam adalah 10 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 150 gram cabai merah, cabai rawit sesuai selera, 5 butir kemiri, setengah sendok teh jinten, ketumbar 1 sendok teh, kunyit setengah sentimeter, dan garam secukupnya.

Untuk cara memasaknya pertama adalah panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai, dan pekak hingga harum. Kedua, masukkan daging dan aduk hingga berubah warna. Tuang santan dan tambahkan kelapa parut yang sudah disangrai, masak di atas api sedang sambil diaduk perlahan sampai mendidih. Kecilkan api, masak daging hingga matang, berminyak dan kecoklatan. Jika rasa sudah pas, bisa diangkat dan sajikan rendang selagi hangat.

Rendang Daging Ayam

Bahan utama pembuatan rendang ayam adalah daging ayam kurang lebih 800 gram, kentang kecil sebagai bahan tambahan 150 gram, santan kental 500 ml dari 2 buah kelapa, santan encer sebanyak satu seperempat liter, parutan buah kelapa sangrai 100 gram, 2 buah serai yang dimemarkan, daun jeruk, asam kandis 2 buah, daun kunyit 2 lembar, bawang merah 12 siung, bawang putih 5 siung, cabai merah 110 gram, ketumbar 1 sendok teh, jahe 2 cm, dan  kunyit 3 cm.

Kemudian siapkan juga gula merah sesuai selera, merica setengah sendok teh, lengkuas 3 cm, dan garam sesuai selera. Sedangkan menurut tempat jual rendang daging untuk langkah pembuatannya sama seperti dengan membuat rendang daging sapi, karena yang berbeda hanya ada pada daging yang digunakan saja.

Leave a Reply