Jual Rendang Basah Yang Tidak Kalah Nikmat

Jual Rendang Basah – Merupakan varian dari rendang kering. Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang lebih tepatnya Minangkabau. Rendang pertama kali dibuat dari bahan daging sapi yang diolah dengan aneka macam rempah serta menggunakan karambia atau santan kelapa. Aneka rempah yang digunakan diketahui memiliki zat antibiotik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Jual Rendang Basah

 

Pada bumbu yang lain juga bersifat sebagai antimikroba yang kuat, serta tidak heran jika rendang bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Untuk proses pemasakannya pun memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 8 jam. Hal tersebut membuat rendang akan terasa lezat karena bumbu meresap dengan sempurna pada daging sapi. Di Minang, rendang adalah sajian khas dari nenek moyang yang selalu ada dalam setiap acara adat.

 

 

Sejarah Rendang Menurut Tempat Jual Rendang Basah

Menurut beberapa sumber menyebutkan apabila rendang tercipta pertama kali untuk sajian pada saat acara adat untuk pertama kalinnya sekitar abad ke-16. Menariknya lagi, sejarah makanan rendang khas Padang ditemukan pada catatan harian Kolonel Stuers yang pada tahun 1827 telah menulis tentang kuliner dan sastra.

Di dalam catatan hariannya sering kali muncul kata yang artinya mengarah pada makanan rendang serta terdapat juga tulisan makanan yang dihitamkan dan dihanguskan. Rendang berasal dari kata merandang yang artinya memasak santan sampai kering dengan perlahan, dan hal ini berarti cocok denagn rendang yang membutuhkan waktu lama dalam memasaknya hingga santan mengering.

Menurut tempat jual rendang basah, makanan khas Padang ini sangat terkenal di dunia kuliner Nusantara, yang mana dibuktikan dengan menjamurnya warung makan Padang hampir disetiap sudut kota di Indonesia. Selain menggunakan daging sapi, sekarang ini sudah banyak variasai rendang dengan menggunakan daging ayam, daging bebek, hati, telur, paru-paru, dan ikan tongkol untuk dimasak dijadikan rendang yang lezat.

Serta ada juga rendang suir dari Kota Payakumbuh, yang membedakannya adalah penggunaan daging sapi atau ayam dengan cara disuir kecil-kecil.

Perbedaan Rendang Kering dan Rendang Basah

Rendang Kering

Menurut tempat jual rendang basah menjelaskan jika rendang kering merupakan rendang yang sejati dalam tradisi memasak di Minang. Rendang dimasak dengan waktu yang lama sampai santan mengering dan bumbu meresap sempurna pada daging. Rendang juga biasanya disajikan pada acara-acara tertentu seperti perhelatan istimewa, upacara adat, kenduri, atau dalam acara menyambut tamu kehormatan. Rendang kering berwarna lebih gelap dan cokelat kehitaman.

Dengan proses memasak yang lama menjadikan rendang kering dapat bertaha hingga berbulan-bulan. Bahkan rendang menjadi makanan terlezat di dunia pada tahun 2017 dan peringkat kedua ada nasi goreng dari Indonesia juga. Citarasa rendang Minang berbeda dengan rendang buatan negara tetangga yang masih serumpun.

Rendang Basah

Tempat jual rendang basah menjelaskan apabila rendang basah atau yang disebut dengan kalio adalah rendang yang dimasak dengan waktu yang singkat, kondisi santan belum kering sempurna, serta dalam suhu ruang yang menyebabkan rendang hanya dapat bertahan dalam satu minggu. Rendang basah memiliki warna yang cokelat keemasan serta lebih pucat.

Rendang ini sering ditemukan di negara Malaysia dan Singapura namun memiliki warna yang lebih pucat dan basah dengan citarasa yang tidak begitu kuat. Perlu diketahui jika nama rendang di negeri Jiran adalah rendang kelantan. Proses pemasaknnya pun berbeda dengan rendang Indonesia yaitu lebih singkat serta dalam pengentalan bumbu dicampur dengan kerisik atau kelapa parut yang disangrai.

Itulah perbedaan anatar rendang kering dan rendang basah yang banyak dijumpai di Indonesia. Untuk Anda yang tidak ingin repot membuat rendang sendiri karena tidak memiliki waktu luang, maka bisa membelinya di tempat jual rendang basah maupun kering.

Leave a Reply